Tanda Bayi Sudah Siap Makan dan Waktunya Diperkenalkan MPASI

Aturannya, bayi diberikan MPASI ketika usianya sudah mencapai 6 bulan. Bayi dikatakan sudah siap makan ketika ia telah menunjukkan tanda-tanda bahwa ia telah antusias terhadap makanan. Kira-kira apa saja tanda bayi sudah waktunya diperkenalkan dengan makanan atau MPASI?

Untuk lebih jelasnya mengenai tanda bayi siap makan, melansir dari laman parents.com, berikut beberapa tanda bayi sudah siap makan.

Mampu Menahan Kepala dan Leher dengan Tegak

Tanda pertama yang bisa dilihat adalah bayi bisa menahan atau mengangkat kepala dan leher dengan tegak. Saat bayi bisa menahan kepala dan leher dengan tegak, itu berarti bayi sudah bisa diberi MPASI dan siap menjaga keseimbangan tubuhnya saat makan.

Mampu Duduk Sendiri

Tanda berikutnya adalah bayi sudah mampu duduk sendiri. Saat bayi mampu duduk sendiri, ini  berarti bayi siap makan. Saat duduk, biasanya bayi sudah bisa meraih benda-benda yang ada di sekitarnya.

Tertarik dengan Makanan

Bayi yang sudah siap makan atau perlu diperkenalkan dengan MPASI selanjutnya adalah bayi tertarik dengan makanan di sekitarnya atau yang ada di depannya. Bayi juga mulai memasukkan benda-benda di sekitarnya ke dalam mulut. Saat melihat orang lain makan, bayi yang sudah siap makan dan perlu diperkenalkan dengan MPASI terlihat tertarik atau ingin ikut makan.

Menunjukkan Tanda Lapar

Tanda selanjutnya jika bayi sudah siap makan adalah bayi menunjukkan tanda lapar. Bayi akan sering rewel saat ia lapar. Ia juga rewel ketika melihat orang lain makan. Bayi yang sudah siap diperkenalkan dengan MPASI ditandai dengan bayi yang masih rewel meski telah mendapat asupan ASI yang cukup setiap harinya. 

Itulah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa bayi siap makan atau perlu diperkenalkan dengan MPASI. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.